Naladwipa
Beranda Berau Persiapan Libur Panjang Lebaran, Keramahan Jadi Kunci Utama Menarik Wisatawan

Persiapan Libur Panjang Lebaran, Keramahan Jadi Kunci Utama Menarik Wisatawan

BERAU– Menjelang libur panjang lebaran, Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Kabupaten Berau menegaskan pentingnya pelayanan sebagai prioritas utama dalam pengelolaan objek wisata di daerah tersebut. Kepala Disbudpar Berau, Ilyas Natsir menyampaikan setiap pengelola objek wisata harus memastikan yang diberikan kepada pengunjung adalah pelayanan yang terbaik. Hal ini penting agar para wisatawan merasa puas dan nyaman selama berkunjung.

“Pelayanan yang ramah dan maksimal merupakan kunci utama yang harus diperhatikan oleh semua pengelola objek wisata di Berau, terlebih menjelang libur lebaran yang diprediksi akan mendatangkan banyak wisatawan,” ujar Ilyas saat ditemui di ruang kerjanya, Selasa (4/3/2025).

Menurutnya, salah satu bagian penting dari pelayanan yang harus diperhatikan adalah keberadaan pemandu wisata atau tour guide yang tidak hanya ramah, tetapi juga mampu menjalankan tanggung jawabnya dengan sepenuh hati. Pemandu wisata yang profesional, dengan sikap yang menyenangkan, dapat memberi pengalaman yang lebih baik bagi wisatawan. Selain pelayanan yang ramah, Ilyas juga menekankan pentingnya keberadaan amenitas atau fasilitas penunjang di objek wisata.

“Pelayanan yang baik akan meninggalkan kesan pertama yang sangat berarti bagi pengunjung. Kalau kesan pertama sudah buruk, seberapa pun menariknya objek wisata tersebut, wisatawan mungkin tidak akan kembali,” katanya.

Lebih lanjut, Ilyas berharap agar setiap pengelola tempat wisata mempersiapkan segala hal yang diperlukan untuk memberikan kenyamanan bagi pengunjung, seperti kebersihan, fasilitas yang lengkap, serta pemandu wisata yang profesional. Dengan adanya peningkatan kualitas pelayanan, sektor pariwisata di Kabupaten Berau diharapkan dapat terus berkembang dan menarik lebih banyak wisatawan, baik lokal maupun mancanegara.

“Intinya semua itu kembali pada pengelola objek wisata masing-masing, mulai sekarang harus sudah dipersiapkan dan dilatih para pemandu wisatanya. Utamakan keramahan,” tegasnya. (ndp)

Editor: Marta

Komentar
Bagikan:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Iklan